Sukses

Usai Sidak, Wagub Ahok Tutup Balai KIR Jakarta Barat

Indosiar.com, Jakarta (Kamis : 24/07/2014) Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, kembali membuat gebrakan dengan menutup balai pengujian kendaraan bermotor (PKB) atau KIR Jakarta Barat. Langkah ini diambil Ahok lantaran kesal dengan anak buahnya yang terindikasi korupsi, saat sidak bersama dengan dua pimpinan KPK Rabu siang.

Pengadaan sarana pelayanan publik, selama ini memang menjadi area sarat korupsi. Dua pimpinan KPK Bambang Widjojanto dan Zulkarnain, Rabu siang mengajak Wakil Gubernur DKI Jakarta melakukan sidak di balai pengujian kendaraan bermotor (PKB) atau KIR, di daerah Kedaung Kaliangke Jakarta Barat. Mereka menemukan hampir 80 persen alat penunjang pelayanan KIR tidak berfungsi.

Pelayanan manual, diduga disengaja oleh petugas, untuk melakukan pungutan liar tanpa bukti. Zulkarnain yang mengintrogasi petugas balai KIR mengungkapkan, dalam sehari ada sekitar 500 kendaraan mengurus KIR. Dengan asumsi satu mobil memberi 100 ribu hingga 200 ribu rupiah kepada petugas, maka setiap hari hampir 100 juta rupiah uang pungli di tempat ini, atau bisa mencapai 2,5 milyar rupiah dalam satu bulan.

Ahok tampak kesal, melihat petugas di balai KIR lebih banyak diam saat ditanya soal dugaan korupsi ini. Atas kenyataan ini, Ahok memutuskan menutup sementara kantar pelayanan balai KIR ini, untuk dilakukan pemeriksaan. Kepada petugas yang terbukti nakal, akan dikenakan tindakan tegas. (Isa Anshori/Sup)