Sukses

HUT ke-69 RI di Bekasi: Upacara Bendera dengan Gaya Silat

Selain Apel, mereka juga mengadakan aksi budaya Bekasi yang di sebut palang pintu

Citizen6, Jakarta Apel kemerdekaan repubrik Indonesia yang ke-69 di lakukan Persatuan Pancak Silat Bekasi. Berbeda dengan apel kemeredakaan lainnya, mereka melakukan apel di gedung juang, Tambun, Kabupaten Bekasi dengan tujuan melestarikan peninggalan sejarah dan budaya yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Dengan berpakaian adat pesilat khas Bekasi dan alat musik khas Bekasi seperti gendang rempak, monang, gong dan tamborin, ratusan pesilat langsung berkumpul di depan gedung juang, Tambun Kabupaten Bekasi  untuk melakukan apel kemerdekaan Repubrik Indonesia yang ke-69. Tidak ada kesan mewah saat melakukan apel tersebut, bahkan para peserta tidak ada satupun yang menggunakan alas kaki dan dalam apel kemeredeakan RI ini, baik pembina dan pengibar bendera, dalam memimpin apel dan melakukan pengibaran bendengan di lakukan dengan cara bergaya silat khas budaya bekasi.

Apel yang kita lakukan di gedung juang, sebagai bentuk perlawanan terhadap budaya luar yang sudah merasuk di anak anak sekarang, yang mengakibatkan budaya dan sejarah indonesia terlupakan, terlebih Bekasi yang memang memiliki kultur budaya kuat dari tingkat desa terdapat budaya yang memang harus kita budayakan,  jangan sampai budaya yang selama ini sudah ada terhapus oleh budaya lua.

Selain melakukan apel di gedung juang Tambun,  Kabupaten Bekasi, Persatuan Pancak Silat Bekasi juga mengadakan aksi budaya Bekasi yang di sebut palang pintu yang merupakan budaya tentang penerimaan tamu saat pesta perkawinan. Selain itu juga mengadakan kegiatan budaya bekasi lainnya

Pengirim:

Rafi Haikal Algifari Haikal


Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.