Sukses

Jokowi Dikawal Paspampres Saat Blusukan

Jokowi Dikawal Paspampres Saat Blusukan

Indosiar.com, Jakarta (Rabu : 27/08/2014) Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, meninjau lokasi pembangunan sodetan kali Ciliwung, Kanal Banjir Timur atau BKT, di kawasan Kebon Nanas Jakarta Timur, Selasa siang. Untuk pertama kalinya, blusukan Jokowi nampak berbeda dengan biasanya, karena sudah dikawal tim A pasukan pengawal presiden atau Paspampres.

Bersama Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, Gubernur DKI Jakarta sekaligus presiden terpilih Joko Widodo, meninjau mesin pengeboran dengan tehnologi tunnel boring machine, yang baru didatangkan dari Jepang.

Berbeda dengan blusukan yang dilakukan Jokowi biasanya, nampak setidaknya lima hingga enam anggota Paspampres mendampingi kemananpun Jokowi pergi. Namun tetap saja, kehadiran Joko Widodo, menjadi daya tarik bagi warga untuk berinteraksi dengan Jokowi dari dekat, termasuk saat meninjau pembuatan waduk Rawa Kendal, Cilincing, Jakarta Utara.

Proyek sodetan dari kali Ciliwung ke sungai Cipinang, yang masuk langsung ke banjir kanal timur ini sendiri, ditargekan selesai pada tahun 2015 mendatang. Kanal sepanjang satu koma dua kilometer ini, digadang-gadang mampu mengurangi sekitar 12 persen banjir di Jakarta.

Sementara untuk pembangunan waduk, diperkirakan mampu menampung debit air hingga satu juta meter kubik, dan akan mengurangi banjir di wilayah Jakarta Utara. Jokowi menargetkan waduk akan selesai dalam waktu enam bulan kedepan.

Biaya untuk membangun Rawa Kendal dan 8 waduk lainnya diambil dari APBD DKI Jakarta dengan alat berat untuk pengerukan tanah milik Pemprov DKI Jakarta. (Asep Syaifullah/Waluyo Adi Susanto/Sup)