Sukses

Transisi Pemerintahan, SBY - Jokowi Sepakat Transisi Harus Mulus

Transisi Pemerintahan, SBY - Jokowi Sepakat Transisi Harus Mulus

Indosiar.com, Nusa Dua, Bali (Kamis : 28/08/2014) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membangun tradisi baru untuk menciptakan pergantian kepemimpinan nasional secara damai dan bermartabat. Menjelang akhir kepemimpinannya, Presiden Yudhoyono bertemu empat mata dengan presiden terpilih Joko Widodo yang akan menempati puncuk pimpinan nasional. Pertemuan selama  2 jam tersebut berlangsung di Nusa Dua Bali Rabu malam.

Pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan presiden terpilih Joko Widodo, di Hotel Langgoon Resort and Spa, di kawasan Nusa Dua, Bali, Rabu malam, menjadi tonggak sejarah tradisi baru transisi pemerintahan.

Keduanya kemudian memasuki ruangan dan masing-masing menempati 2 kursi yang sudah disediakan dengan sebuah meja bundar kecil di depannya. Selama 2 jam lebih, SBY - Jokowi bicara empat mata dan bertukar pikiran tentang berbagai hal terkait transisi pemerintahan.

Usai bicara empat mata, SBY-Jokowi mengakhiki pertemuan dengan menggelar konferensi pers bersama. Keduanya sepakat agar transisi pemerintahan berjalan dengan baik dan mulus. Sejumlah isu juga menjadi bahan pembicaraan diantaranya terkait APBN 2015, dimana Jokowi menerima banyak masukan dari Presiden SBY. Baik SBY maupun Jokowi sepakat, pertemuan ini adalah awal dan akan ditindaklanjuti.

Apa yang dilakuan Presiden SBY merupakan sejarah pertama dalam proses transisi pemerintahan Indonesia. Presiden SBY sendiri berjanji siap membantu pemerintahan baru nantinya selama diminta pemerintahan Jokowi-JK. (Tim Liputan/Sup)