Sukses

Keracunan Kopi Kemasan, 28 Santri Pesantren Dirawat di RS

Hati-hati mengkonsumsi produk makanan atau minuman kemasan dengan tanggal kadaluwarsa yang sudah dekat. Puluhan santri pesantren di Kabupate

Indosiar.com, Sulawesi Selatan (Selasa : 02/09/2014) Hati-hati mengkonsumsi produk makanan atau minuman kemasan dengan tanggal kadaluwarsa yang sudah dekat. Puluhan santri pesantren di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, keracunan hingga harus dirawat di rumah sakit, usai mengkonsumsi produk minuman kopi kemasan dalam botol.

Dua puluh delapan santri pondok pesantren Hidayatullah, Kabupaten Luwu, ini harus mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat Rumah Sakit Batara Guru Belopa, karena mengalami keracunan, usai mengkonsumsi produk minuman kopi kemasan dalam botol, yang dibagikan donatur. Mereka mengeluh mengalami sakit kepala, pusing, dan mual.

Pihak rumah sakit telah mengirim sampel produk minuman dan muntahan korban keracunan ke laboratorium, untuk memastikan penyebab keracunan. Diduga, produk minuman kemasan yang dibagikan cuma-cuma kepada para santri ponpes tersebut, telah tak layak konsumsi. Sebab sebagian produk minuman telah berubah warna dan aroma. Meski bila melihat tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan, produk tersebut belum kadaluwarsa.

Pihak pengelola ponpes telah melaporkan kasus ini ke polisi, mengingat pihak donatur yang memberikan produk minuman tersebut, membagikan minuman langsung kepada santri, tanpa melalui pengelola. Insiden ini tak sampai mengganggu proses belajar mengajar di ponpes, meski sebagian bangku di kelas tampak kosong. (Wahyudi Baso/Sup)