Sukses

29 Bus Belum Bisa Beroperasi Hingga Kini

Para penumpang bus Transjakarta kini harus lebih lama menunggu kedatangan bus di halte sejak 29 bus merek Yutong ditarik untuk diperiksa pas

Indosiar.com, Jakarta (Selasa : 02/09/2014) Para penumpang bus Transjakarta kini harus lebih lama menunggu kedatangan bus di halte sejak 29 bus merek Yutong ditarik untuk diperiksa pasca insiden terbakarnya satu unit bus dengan merek yang sama di Halte Masjid Agung Al Azhar beberapa waktu lalu, menyebabkan armada bus Transjakarta semakin berkurang. 

Penumpukan penumpang ini terjadi di halte busway Cawang UKI, Jakarta Timur. Bus Transjakarta yang akan mereka naiki tak kunjung tiba. Sudah setengah jam mereka menanti. Padahal biasanya waktu tunggu hanya 5 - 10 menit.

Di halte UKI Cawang ini antrean panjang penumpang terlihat di pintu  tujuan Tanjung Priok dan Cililitan. Wajah-wajah letih calon penumpang yang lelah berdiri, tergambar selama setengah jam mereka menanti kedatangan bus Transjakarta.

29 bus buatan Cina itu ditarik sejak Jumat lalu dan hingga kini seluruhnya masih dalam pengecekan untuk mengetahui kelayakan kondisi mesin agar insiden kebakaran tidak lagi berulang. 

Wakadishub pemprov DKI Jakarta menyatakan investigasi atas peristiwa terbakarnya satu unit bus Transjakarta di halte Masjid Agung Al Azhar ada di tangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Sebanyak 30 unit merk Yutong sebelumnya dioperasikan oleh unit pengelola Transjakarta dengan pembagian 15 unit untuk melayani koridor ekspres Kalideres - Blok M dan 15 unit lainnya dioperasikan untuk rute ekspres Pulogadung - Blok M. Sebetulnya seluruh bus buatan Cina tersebut baru dioperasikan pertengahan Januari tahun ini, dibeli menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah DKI Jakarta tahun 2013.(Rizka Amalia/Joni Suryadi/Her)