Sukses

Jokowi Langsung Bekerja di Hari Pertama

Pada pidato perdana baik di sidang paripurna MPR maupun di Silang Monas, Presiden Joko Widodo selalu mengajak rakyat untuk bekerja keras.

Indosiar.com, Jakarta (Selasa : 21/10/2014) Pada pidato perdana baik di sidang paripurna MPR maupun di Silang Monas, Presiden Joko Widodo selalu mengajak rakyat untuk bekerja keras. Nah ajakan ini dibuktikan sendiri oleh Jokowi. Pada hari pertama pasca pelantikan, Jokowi langsung bekerja dengan menerima sejumlah kepala negara dan pemerintahan di Istana Merdeka. Diantaranya menerima Perdana Menteri Australia Tony Abbott dan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mendapat giliran pertama, diikuti Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. PM Singapura banyak menanyakan soal reformasi birokrasi dan BBM bersubsidi kepada Jokowi. Sedangkan PM Malaysia mengeluhkan kepada Jokowi mengenai sulitnya mereka berinvestasi di Indonesia karena berbagai aturan yang menyulitkan.

Pertemuan dengan para kepala negara berlangsung singkat sekitar 15 menit. Sehingga kemudian, Jokowi bisa menerima 2 tamu lainnya, Perdana Menteri Australia Tony Abbott. Dalam pertemuan itu, Abbott secara resmi mengundang Jokowi menghadiri pertemuan G-20 yang berlangsung di kota Brisbane bulan depan. Namun Jokowi belum bisa memastikan hadir atau tidak sampai menunggu pembentukan kabinet.

Terakhir, Jokowi menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry. Berbagai isu dibahas dalam pertemuan itu, namun yang menjadi prioritas Amerika meminta bantuan Indonesia ikut memerangi gerakan radikal ISIS di Irak dan Suriah. (Tim Liputan/Sup)