Sukses

Potret Pendidikan, Plafon Kelas Hanya Ditopang Bambu

Siswa SD 034 Polewali Mandar Sulawesi Barat terpaksa belajar dengan kondisi ruangan kelas yang ditopang dengan sejumlah batang bambu...

Indosiar.com, Polewali Mandar (Jumat : 28/11/2014) Siswa SD 034 Polewali Mandar Sulawesi Barat terpaksa belajar dengan kondisi ruangan kelas yang ditopang dengan sejumlah batang bambu, meski cemas dan waswas akan tertimpa plafon dan rangka bangunan yang nyaris ambruk. Namun karena tak ada ruangan lain para siswa dan guru tetap menjalankan proses belajar mengajar sambil berdoa agar gedung sekolah mereka tak roboh sampai jam pelajaran usai.

Aktivitas anak-anak dan belajar mengajar di SD 034 Polewali Mandar jadi terganggu akibat adanya sejumlah batang bambu yang menopang plafon dan rangka bangunan agar tidak ambruk menimpa guru dan siswa. Mereka harus berjalan hati-hati di sekitar kelas agar tidak tersentuh topangan bambu yang bisa saja jatuh sewaktu-waktu dan mengancam keselamatan.

Adanya bambu-bambu ini juga membuat para siswa tidak bisa melihat guru dan tulisan di papan tulis secara utuh. Andini, salah satu siswa di sekolah ini mengaku cemas belajar di dalam ruangan yang atapnya hampir ambruk. Ketakutan makin bertambah bila turun hujan yang disertai angin kencang.

Selain rusaknya plafon sekolah, sarana belajar seperti papan tulis, kursi dan dinding-dinding pembatas antar ruang juga telah hancur. Kepala sekolah SD 034 Sayati mengatakan kondisi sekolah yang memprihatinkan ini sudah berlangsung selama sebulan.

Pihak sekolah sudah mengadukan soal kerusakan ini ke pihak dinas dan bupati. Dinas pendidikan setempat berjanji akan segera merenovasi ruang-ruang kelas yang kini terancam ambruk. (Edy Junaedi/Sup)