Sukses

Beragam Aksi Kemanusiaan Dukung Pengungsi Rohingya

Di Surabaya, Solo, dan Malang, massa melakukan aksi kemanusiaan untuk dukung pengungsi muslim Rohingya.

Liputan6.com, Surabaya - Dengan membawa aneka spanduk dan poster, ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (22/5/2015), mereka mendesak pemerintah Indonesia bersikap tegas terkait tindakan diskriminatif yang dilakukan pemerintah Myanmar terhadap masyarakat muslim Rohingya.

Dalam aksi yang dikawal polisi, massa mendesak pemerintah Indonesia menarik duta besarnya di Myanmar terkait konflik kemanusiaan dan pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintahan diktator militer terhadap muslim Rohingya.

Aksi yang sama dilakukan ormas Islam di Solo, Jawa Tengah usai salat Jumat. Mereka menggelar aksi keprihatinan terhadap muslim Rohingya yang mengalami diskriminasi dan penindasan oleh rezim diktator Myanmar.

Massa juga menyayangkan ketidakpedulian dunia internasional tentang pembantaian yang dialami muslim Rohingya dengan korban jiwa mencapai ribuan orang. Akibatnya, ribuan warga Rohingya pun mencari selamat dengan nekat melarikan diri ke negara lain termasuk Indonesia.

Sementara di Malang, Jawa Timur, puluhan mahasiswa menggalang dana di perempatan Jalan Veteran. Mereka mendatangi pengguna jalan untuk mendapatkan sumbangan yang akan disalurkan ke warga Rohingnya yang mengalami diskriminasi dan penindasan di negara mereka.

Para mahasiswa bahkan juga mengajak pengguna jalan untuk ikut aktif membantu muslim Rohingya yang menjadi korban pelanggaran HAM hingga terpaksa mengungsi ke negara lain. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini