Sukses

Puluhan Siswa SMP di Jambi Ditipu Program Beasiswa Berprestasi

Para siswa di Jambi dijanjikan mendapat program beasiswa berprestasi yang mengaku dari Diknas, namun mereka harus menyerahkan sejumlah uang.

Liputan6.com, Jambi - SMP Negeri 5 Kota Sungai Penuh, Jambi resah. Puluhan siswa sekolah itu dihubungi seseorang melalui telepon genggamnya. Siswa yang dihubungi disebutkan mendapatkan beasiswa prestasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (29/5/2015), sang penelepon mengatakan akan memberikan beasiswa prestasi sebesar Rp 5 juta per tahun pada pelajar itu. Syaratnya mereka harus menyebutkan data pribadi, rekening tabungan pribadi atau rekening tabungan milik orangtua.

Layaknya penipu via telepon genggam selama ini, setelah itu korban diminta untuk ke ATM yang ujung-ujungnya uang mereka raib.

"Pertama dia telepon, nggak diangkat, dia SMS langsung. Dia bilang kalau nggak ada yang mau dibantu  ya sudah," ujar Nadia, siswi korban penipuan.

Sementara Kepala SMPN 5 Kota Sungai Penuh  Usman, menyebutkan memang ada beberapa hari lalu seseorang yang mengaku dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. Penelepon ini meminta data siswa juara 1-10 di semua kelas, diminta data lengkap termasuk nomor telepon dengan dalih akan memberikan beasiswa.

"Iya memang benar untuk informasi beasiswa berprestasi itu  memang kami peroleh dari telepon dari dinas provinsi. Karena kita ada di Provinsi Jambi, kita konfirmasi bahwa yang bisa memberi data itu  langsung ke sekolah melalui wakil ketua kurikulum," jelas Usman, Kepala SMPN 5 Kota Sungai Penuh Jambi.

Dari catatan ada 70 orang siswa yang sudah dihubungi pelaku, belasan orang di antaranya sudah sempat mentransfer uang. Kini kasus ini dalam penyelidikan Polres Sungai Penuh, Jambi. (Dan/Ali)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini