Sukses

Lagi, Pembuat Ijazah Palsu di Tangerang Dibekuk Polisi

MA diduga memalsukan dokumen negara contohnya ijazah SMA serta perguruan tinggi yang berada di wilayah Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Dengan tangan diborgol, MA digiring petugas kepolisian Polsek Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten. Akibat perbuatannya yang melawan hukum, MA harus berhadapan dengan polisi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (30/5/2015), MA diduga memalsukan dokumen negara contohnya, ijazah SMA serta perguruan tinggi yang berada di wilayah Tangerang.

"Di sini ada semacam SKCK, ada yang dipalsukan, kemudian juga Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran," ucap Kapolsek Jatiuwung, Tangerang Kompol Ruly Indra.

Selain mengamankan tersangka MA, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti ijazah palsu, berbagai dokumen penting, dan seperangkat komputer.

Di Medan, Sumatera Utara, kasus penjualan ijazah palsu juga terungkap. Seorang rektor gadungan menjual ijazah palsu S1 hingga S3.

Ijazah palsu itu dijual dengan harga mulai Rp 10 juta sampai Rp 40 juta. Tersangka Marsaid Yushar ditangkap di salah satu rumah di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Marsaid diringkus saat akan bertransaksi ijazah palsu dari kampus yang diberi nama University of Sumatera. Kampus itu dia dirikan sejak 2003. Polisi masih menelusuri sindikat ini karena tidak mungkin Marsaid bermain sendiri. (Vra/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.