Sukses

Diduga Ilegal, Mahasiswa Demo Prosesi Wisuda

Menurut mahasiswa, wisuda yang digelar ini tanpa melalui proses pendidikan di kampus.

Liputan6.com, Jombang - Kericuhan mewarnai aksi mahasiswa menolak pelaksanaan wisuda yang mengatasnamakan Universitas Darul Ulum (Undar) di Jombang, Jawa Timur. Mahasiswa terlibat aksi dorong dengan petugas saat berusaha mendekati lokasi wisuda.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (1/6/2015), kericuhan terjadi saat mahasiswa berusaha mendekati lokasi wisuda di auditorium dalam kampus Universitas Darul Ulum. Mahasiswa saling dorong hingga terjatuh saat dipukul mundur petugas keamanan dari kepolisian.

Kericuhan mereda setelah mahasiswa didorong menjauh dari lokasi wisuda yang diikuti 500 peserta. Meski mendapat penolakan dari mahasiswa, pelaksanaan wisuda berlangsung aman.

Menurut mahasiswa, wisuda yang digelar ini tanpa melalui proses pendidikan di kampus. Apalagi Universitas Darul Ulum sebelumnya juga sudah menggelar wisuda. Mahasiswa menunding wisuda yang digelar rektor Ibrohim ini sebagai wisuda ilegal dan tidak sah.

Rektor Universitas Darul Ulum membantah tudingan mahasiswa. Sebagai rektor, ia meneruskan amanat pimpinan sebelumnya yang sudah berjalan. Kampus Undar juga sah dan tercatat di Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Kasus dualisme kepemimpinan di kampus Universitas Darul Ulum sudah terjadi sejak lama. Kedua kubu saling mengklaim sah dan legal, tercatat di Kopertis dan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi atau Dikti. (Nda/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini