Sukses

Lampion Diterbangkan di Puncak Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Setelah melakukan prosesi ritual perayaan Waisak di beberapa lokasi di Jawa Tengah, puncak perayaan Waisak digelar di puncak Candi Borobudur

Liputan6.com, Magelang - Puncak perayaan Waisak digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, setelah prosesi ritual dilaksanakan di beberapa lokasi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Rabu (3/6/2015), para biksu memenuhi Candi Borobudur Selasa 2 Juni malam tadi. Dengan khusyuk mereka berdoa dan melantunkan puji-pujian untuk Sang Buddha.

Di candi bersejarah ini, puncak perayaan Waisak ke 2559 di tahun 2015 digelar. Ribuan umat Budha berkumpul mendengarkan petuah para biksu tentang pentingnya saling menyayangi dan melindungi sesama umat manusia.

Hingga menjelang tengah malam, ribuan lilin pun mulai dinyalakan. Borobudur yang biasanya gelap, kini dipenuhi ribuan cahaya. Umat Buddha meyakini, api melambangkan sinar yang akan menerangi kehidupan mereka di dunia ini. Sebelum cahaya lilin memudar lantuan pujian dan nyanyian sakral kembali dilantunkan yang dilambangkan akan dimulainya kehidupan baru.

Di akhir ritual, 1.000 lilin siap dihempas ke angkasa. Langit di atas stupa para Buddha tidak lama dipenuhi cahaya lampion yang diharapkan senantiasa menerangi kehidupan yang ada di bumi. (Mar/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini