Sukses

Jalur Mudik di Jawa Tengah Rusak Parah Jelang Arus Mudik Lebaran

Gubernur Ganjar Pranowo mengakui pemerintah tidak bisa menyelesaikan seluruhnya perbaikan jalan di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Banyumas - Menjelang arus mudik Lebaran, ruas jalan dari perbatasan Brebes-Banyumas di Kecamatan Pakuncen-Ajibarang hingga Wangon dalam kondisi rusak parah sepanjang 40 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (3/6/2015), lubang yang menganga di tengah dan sisi jalan membuat kendaraan harus melaju pelan, karena khawatir terperosok. Kondisi ini membuat kecelakaan kerap terjadi dan waktu tempuh menjadi lebih lama.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui, pemerintah tidak bisa menyelesaikan seluruhnya perbaikan jalan di Jawa Tengah. Hingga arus mudik Lebaran tahun ini, diperkirakan pemerintah hanya mampu memperbaiki 50 persen jalan yang rusak.

"Sampai dengan Juni ini beberapa bisa kita kebut, agar minimal nanti masuk Lebaran bisa cukup membantu. Tapi belum semua," ujar Ganjar Pranowo.

Sementara itu, pada arus mudik Lebaran tahun ini, masyarakat sudah bisa memakai ruas Tol Cikampek-Palimanan atau Cikapali. Dengan dioperasikannya jalan tol sepanjang 116 kilometer ini, waktu tempuh Bandung-Cirebon kini hanya 3 jam.

Dengan adaya Tol Cikapali, kepadatan arus mudik di jalur Pantura dan jalur selatan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur juga berkurang. (Dan/Mvi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.