Sukses

BKSDA Jatim Akan Tangkap Buaya-buaya di Sungai Brantas

Warga setempat menolak proses evakuasi buaya muara, karena kehadirannya itu justru menjadi berkah bagi warga.

Liputan6.com, Sidoarjo - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur bersiap mengevakuasi buaya-buaya muara yang dalam beberapa hari ini terlihat di aliran Sungai Brantas, Dusun Awar-awar, Desa Tambakrejo, Kecamatan Krembung.

Seperti diotayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (5/6/2015), rencananya sore hari ini petugas akan menangkap buaya-buaya itu menggunakan jaring dan tongkat pancing.

Selama sekitar sepekan ini petugas BKSDA telah memantau pergerakan buaya-buaya itu di sisi sungai. Buaya-buaya muara itu akan dievakuasi ke Kali Bajul, di Dusun Tlocor Muara, Sidoarjo yang merupakan habitat buaya-buaya muara.

Namun warga menolak evakuasi dengan alasan buaya-buaya itu mendatangkan berkah bagi mereka.

Kehadiran buaya-buaya muara ini memang menarik perhatian warga. Praktis warga berbondong-bondong untuk menonton buaya-buaya itu, dan dimanfaatkan warga setempat untuk berusaha dan menghasilkan pemasukan.

Namun idealnya faktor keselamatan diutamakan, mengingat buaya-buaya itu adalah hewan liar yang sewaktu-waktu mengancam keselamatan warga. (Dan/Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.