Sukses

Ahok Ancam Pidanakan Gepeng Jelang Puasa dan Lebaran

Upaya pembinaan oleh dinas sosial seringkali dianggap gagal mengembalikan gelandangan dan pengemis atau gepeng agar tak kembali ke jalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Pemerintah DKI Jakarta untuk menertibkan warganya, rupanya tidak main-main lagi. Apalagi selalu ada yang tertangkap saatrazia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) digelar.

Upaya pembinaan dinas sosial seringkali dianggap gagal mengembalikan gelandangan dan pengemis atau gepeng, agar tak kembali ke jalanan. Untuk itu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan mengambil langkah tegas.

Ahok berniat mempidanakan gelandangan dan pengemis, jika ditangkap untuk yang kali kedua dengan hukuman 3 hingga 6 bulan penjara.

"Kalau Anda pertama kali masuk Jakarta, kami tangkap, kami minta tanda tangan surat pernyataan. Kalau Anda masuk lagi kami pidana. Kalau yang tertangkap, orang yang sudah tanda tangan, pidana, kami akan coba pidanakan beneran. Tangkap aja kurung," tegas Ahok, seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat 5 Juni 2015.

Gubernur memastikan, pasal pidana akan dikuatkan dengan peraturan daerah, sebab jika hanya dibersihkan atau diraziaakan terus bermunculan berulang kali. Sehingga dengan hukum yang tegas bisa menimbulkan efek jera. (Mar/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini