Sukses

Potret Menembus Batas: Kilau Palsu Batu Mulia

Liputan6.com, Jakarta - Kalimaya, pesonanya menyihir siapa saja melihatnya. Pantulan kristal aneka warna menggoda setiap pasang mata. Memiliki tingkat kekerasan di bawah 7 skala mohs, tidak menyurutkan minat para penggemar batu mulia. Tidak ada strata, apalagi kasta.

Kalimaya batu khas banten ini juga menyisip di antara kilau batu mulia saling berpendar di pusat-pusat gemstone, surga bagi pecinta batu alam seperti di jakarta gems stones, salah satu pusat pasar batu mulia terbesar se-asia tenggara.

Pendar batu mulia beragam bentuk, corak yang menyejukan mata bak magnet sangat kuat merenggut gairah penggila batu mulia. Tidak ada ukuran pasti, penggemar batu mulia berani menebus kalimaya idaman hingga ratusan juta rupiah.

Harga batu akik yang mampu menembus ratusan juta membuat beberapa orang membuat tiruannya. Lokasinya berada di pinggiran ibu kota Jakarta.

Membedakan batu akik asli atau palsu sungguh pekerjaan yang sangat sulit. Batu akik yang palsu sangat mirip dengan yang asli. Terdapat batu akik palsu yang melalui proses masakan. Bahan dasar pembuatan akik palsu terbuat dari pecahan kaca.

Warna-warni pecahan kaca dijadikan jenis warna dasar batu akik palsu. Si perajin hanya butuh sepasang besi untuk membentuk potongan kaca menjadi batu akik aspal (asli tapi palsu).  

Bahan yang berasal dari pecahan kaca di panaskan bara api hingga meleleh. Beberapa jenis batu masakan yang sudah setengah jadi masih perlu beberapa tahap polesan agar terlihat mirip aslinya.

Pengrajin batu akik palsu tahu betul perbedaan batu akik asli dan palsu buatannya. Tak sampai 1 menit, batu akik palsu pun sudah jadi. Batu yang sudah jadi usai diproses harus digosok untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Dengan peralatan yang sangat sederhana dan dibantu seorang asisten, pengrajin melakukan tahap akhir dari hasil karyanya di atas ampelas. Hasilnya, batu masakan akik abal-abal sangat mirip dengan aslinya.

Di tengah-tengah batu akik masakan, muncul batu akik menyerupai kalimaya yang namanya sudah tersohor dan sangat mahal harganya, meskipun lagi-lagi batu akik kalimaya palsu.

Bagaimana penelusuran pembuatan batu akik palsu selengkapnya? saksikan tayangan Potret Benembus Batas SCTV, Minggu (7/6/2015), di bawah ini. (Dan/Rmn)