Sukses

Debu Panas Sinabung Meningkat, Warga di Radius 5 Km Dievakuasi

Seminggu lebih berstatus awas, Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara kembali mengeluarkan debu panas sebanyak 2 kali.

Liputan6.com, Tanah Karo - Seminggu lebih berstatus awas, Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumatera Utara kembali mengeluarkan debu panas sebanyak 2 kali dalam skala besar pada Selasa pagi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (16/6/2015), asap tebal ini membumbung dari puncak Gunung Sinabung. Pengawasan pada gunung ini ditemukan peningkatan aktivitas Sinabung sejak Senin 15 Juni malam.

Ratusan warga desa yang tinggal dekat Gunung Sinabung dalam radius 3 hingga 5 kilometer dari kawah di lereng timur dan tenggara gunung telah dievakuasi dari wilayah tersebut karena hujan abu yang terus turun.

Namun tak semua warga bersedia mengungsi. Meski ada peringatan bahaya letusan besar Sinabung ribuan warga sekitar gunung tetap menolak meninggalkan permukiman mereka. (Mar/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini