Sukses

Potensi Ancaman Awan Panas Gunung Sinabung Masih Tinggi

Warga yang berada di sekitar kawasan kaki Gunung Sinabung diminta selalu waspada dan mengurangi aktifitas di seputaran zona bahaya.

Liputan6.com, Tanah Karo - Warga yang berada di sekitar kawasan kaki Gunung Sinabung diminta selalu waspada dan mengurangi aktifitas di seputaran zona bahaya. Tapi tampaknya warga masih beraktivitas seperti biasa.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (19/6/2015), desa ini merupakan kawasan yang tidak direkomendasikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk mengungsi.

Hal ini disebabkan potensi ancaman awan panas masih cukup tinggi, baik itu ke arah selatan, tenggara, dan bagian timur Gunung Sinabung dengan jarak terjauh radius 7 kilometer dari kawah gunung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini.

Sementara ancaman abu vulkanik tergantung pada kecepatan dan arah angin. Dalam beberapa hari terakhir hembusan abu vulkanik mengarah pada bagian timur hingga kota Medan dan wilayah Deli Serdang.

Saat ini status Gunung Sinabung tetap berada pada awas level 4. (Mar/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.