Sukses

Sebelum Mudik Lebaran, Pembangunan Jalur Alternatif Dikebut

Tol Pejagan-Pemalang sedang dikebut pembangunannya dan jalur Pantura juga sedang dikebut perbaikannya.

Liputan6.com, Pemalang - Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Jumat kemarin 19 Juni 2015 melakukan sidak ke jalan Tol Pejagan-Pemalang yang kini sedang dalam proses pembangunan sebagai jalur alternatif untuk mengurangi kemacetan di Jalur Pantura.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/6/2015), pembangunan Tol Pejagan-Pemalang yang akan difungsikan sepanjang 20 km dari Pejagan hingga Brebes Timur ini kondisinya masih sangat membahayakan.

Selain belum beraspal, jalur ini jika dilalui masih berdebu hingga rawan kecelakaan. Jalur ini memang baru rencana difungsikan H-8 sebelum Lebaran mendatang, namun pemudik yang melintasi jalan Tol Pegajan ini diimbau untuk selalu berhati-hati dan mengurangi kecepatan.

Perbaikan jalan jelang mudik juga dilakukan di sepanjang wilayah Kalinyamat Kulon hingga Kalinyamat Wetan, Kota Tegal, Jawa Tengah atau sepanjang 500 meter.

Saat ini, petugas Bina Marga sedang melakukan betonisasi di sisi lajur kanan. Pada sejumlah titik lain petugas juga melakukan perbaikan berupa penambalan jalan berlubang, pengaspalan, dan perataan badan jalan yang bergelombang.

Perbaikan jalan ini ditargetkan selesai setelah musim arus mudik, namun demikian 1 lajur diperkirakan rampung pada H-7 sebelum Lebaran. Sedangkan betonisasi lajur sisi kiri akan dilanjutkan usai Lebaran.

Di wilayah Pemalang, Jawa Tengah, pemudik diminta untuk mewaspadai banyaknya titik rawan kecelakaan di jalur utama Pantura. Tak hanya itu saja, di wilayah ini sedikitnya ada 44 perlintasan kereta api yang tak berpalang pintu dan sangat rawan kecelakaan.

Demi meminimalkan tingkat kecelakaan saat arus mudik nanti, Polres Pemalang akan menempatkan 2 personelnya di setiap perlintasan kereta api tersebut. Polisi juga berharap pihak PT KAI segera meratakan perlintasan kereta api untuk memperlancar arus lalu lintas yang relnya tidak rata dengan bahu jalan.

Sementara di Jawa Barat, perbaikan terjadi jalan alternatif dari Purwakarta menuju Subang dan Cirebon sepanjang 2,4 km di Jalan Raya Pondok Salam Purwakarta.

Perbaikan terus dikebut agar saat arus mudik Lebaran jalan alternatif tersebut dapat digunakan bila arus dari Jakarta menuju Pantura padat atau jalur Tol Cipali juga padat.

Jika jalan padat, arus akan dialihkan ke jalur alternatif Purwakarta menuju Wanayasa, Subang dan Cirebon. Diperkirakan, jalan ini akan selesai saat H-10 sebelum Lebaran. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.