Sukses

Warga Rembang Cari Air Bersih di Sungai yang Mengering

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga Rembang membuat belik di sungai yang mengering.

Liputan6.com, Rembang - Seorang ibu bersama 2 anaknya bukan sedang bermain air, tetapi mereka sedang mencari air bersih di sungai yang sudah mengering di Desa Pranti, Kecamatan Sulang, Rembang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (23/6/2015), dari lubang resapan yang mereka sebut belik itu, ibu dan 2 anaknya membuang air-air keruh sampai mendapatkan air yang agak jernih.

Setelah itu, mereka baru membawa pulang ke rumah air tersebut untuk kebutuhan minum, masak, mencuci, dan mandi. "Untuk mandi, minum, dan mencuci (airnya). Sudah sekitar 1 bulan lebih tidak hujan. Sumur juga tidak ada air," ucap seorang warga.

1 Bulan hujan tidak turun mengguyur. Dan sejak itu, sumur-sumur milik warga mulai mengering. Sungai desa pun tak lagi mengalirkan air. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga membuat belik di sungai yang mengering.

Desa Pranti merupakan 1 dari 90 desa di Rembang yang kerap dilanda kekeringan setiap musim kemarau tiba. Tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang sudah menyiapkan dana Rp 275 juta untuk menyalurkan bantuan air bersih. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini