Sukses

Sinabung Terus Erupsi, Petani di Berastagi Terus Merugi

Dampak erupsi Gunung Sinabung membuat perekonomian para petani semakin terpuruk. Para petani di Kecamatan Berastagi hanya bisa pasrah.

Liputan6.com, Tanah Karo - Dampak erupsi Gunung Sinabung membuat perekonomian para petani semakin terpuruk. Tanaman mereka nyaris mati terkena abu vulkanik.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (26/6/2015), para petani warga Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Karo, Sumatera Utara hanya bisa pasrah. Lahan perkebunan mereka diselimuti abu vulkanik panas yang membuat tanaman jadi layu dan hancur.

Warga di daerah ini umumnya memiliki tanaman tumpang sari seperti kopi, sayur-mayur, cabe dan tanaman palawija lainnya. Menurut warga Desa Sempajaya, sejak Gunung Sinabung meletus, sudah 3 kali panen namun gagal dan terus merugi.

Gunung Sinabung kembali erupsi sekitar pukul 09.00 WIB Jumat pagi, yang mengakibatkan kawasan Berastagi dan sekitarnya terus diguyur hujan abu vulkanik yang sangat tebal.

Warga juga diminta menjauhi zona bahaya di sisi tenggara, selatan dan sisi timur gunung dengan jarak yang telah direkomendasikan Badan Vulkanologi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BVMKG). (Nda/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.