Sukses

Kemegahan Yeni Cami, Masjid Berusia Ratusan Tahun di Istanbul

Selain beribadah, mata kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah khas arsitektur masjid di Kota Seribu Masjid ini.

Liputan6.com, Turki - Singgah di Kota Istanbul, Turki, wajib hukumnya untuk mampir ke masjid-masjid megah yang ada. Selain beribadah, mata kita juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah khas arsitektur masjid di Kota Seribu Masjid ini.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (27/6/2015), Yeni Cami atau masjid baru, meski bernama baru tapi masjid ini telah berusia ratusan tahun. Dibangun pada 1597 Masehi oleh Sultana Safiye, Istri Sultan Murad ketiga. Pembangunan konstruksi masjid ini memakan waktu hingga setengah abad.

Atap masjid dihiasi 66 kubah kecil dan 1 kubah besar berdiameter 17,5 meter dengan 2 menara setinggi 52 meter.

Sebelum memasuki ruang utama masjid, Anda akan melewati halaman dengan bangunan tempat berwudu di tengahnya.

Memasuki ruang utama masjid, hawa sejuk menyambut. Lukisan kaligrafi tercetak di atap masjid.

Seperti kaligrafi 4 nama khalifah pertama Abu Bakar Assidiq, Umar bin Khatab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Dan tentu saja kaligrafi Allah SWT dan Muhammad SAW.

Keindahan bangunan masjid baru menarik perhatian banyak pengunjung. Agar tidak mengganggu jamaah yang beribadah, para turis diizinkan masuk di area khusus di bagian belakang ruang utama masjid. (Nda/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini