Sukses

Arca Sapi yang Dipercaya Kendaraan Dewa Siwa Ditemukan

Panjang arca tersebut mencapai 145 centimeter, lebar 75 centimeter, dan tinggi 60 centimeter.

Liputan6.com, Yogyakarta - Arca Nandi berwujud sapi yang dipercaya sebagai kendaraan Dewa Siwa ditemukan secara tidak sengaja oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (27/6/2015), penemuan diketahui saat para pekerja sedang melakukan kegiatan pelestarian Cagar Budaya Candi Kedulan di Desa Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa yogyakarta.

Agar tidak merusak struktur arcanya, penggalian secara manual pun dilakukan. Seluruh bagian Arca Nandi akhirnya bisa terlihat. Panjang arca tersebut mencapai 145 centimeter, lebar 75 centimeter, dan tinggi 60 centimeter.

Petunjuk adanya Arca Nandi di lokasi telah diketahui sejak 10 tahun lalu, menyusul ditemukannya potongan telinga arca ini di lokasi tersebut.

Ditemukannya Arca Nandi ini menambah keutuhan Candi Kedulan sebagai peninggalan peradaban agama Hindu. Sebelumnya Candi Kedulan ditemukan pada 1993 di bawah permukaan tanah sedalam lebih dari 6 meter karena terkena dampak dari erupsi Merapi. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini