Sukses

Polisi Gerebek Pabrik Tekstil Pembuang Limbah Berbahaya ke Sungai

Polisi dan Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mendapati sejumlah pabrik yang sengaja membuang limbah kimia ke sungai.

Liputan6.com, Bandung - Polisi dan Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mendapati sejumlah pabrik yang sengaja membuang limbah kimia berbahaya ke dalam sungai.

Tidak mudah untuk menemukan lokasi pabrik yang ada di kawasan Padalarang ini. Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (30/6/2015), letaknya berada di balik semak belukar dan tersembunyi.

Sungai Saguling yang letaknya di belakang pabrik tersebut, airnya berubah warna menjadi hitam pekat. Limbah pabrik yang memproduksi bahan tekstil ini juga membuat air sungai berbusa dan beraroma tak sedap. Petugas pun langsung mengambil sampel air untuk diteliti di laboratorium.

Kuat dugaan sejumlah pabrik di kawasan ini tidak melewati proses pengolahan limbah sesuai aturan yang berlaku. Apalagi penggerebekan juga berdasarkan laporan warga yang mengeluh karena air sungai tercemar. Kasus ini kini masih ditangani polisi dan Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bandung. (Mar/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini