Sukses

Karamah: Keistimewaan Air Zamzam

Air zamzam adalah air yang penuh keistimewaan dan diyakini bisa memyembuhkan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika waktu maghrib telah tiba di Madinah, Arab Saudi. Umat Muslim yang menanti di pelataran Masjid Nabawi berbuka puasa diawali dengan meminum air zamzam. Sebanyak ribuan tong air zamzam dipasok dari Masjidil Haram, Mekah.

Seperti ditayangkan Liptuan 6 Siang SCTV, Rabu (1/7/2015), air zamzam adalah air yang penuh keistimewaan. Zamzam berasal dari bahasa Arab, yang artinya melimpah. Dan memang hingga kini air zamzam tetap melimpah di Masjidil Haram, sejak berabad-abad silam.

Tepatnya sejak istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan anaknya Ismail yang kehausan ditolong Malaikat Jibril hingga terpancarlah air zamzam.

Air zamzam diyakini bisa memyembuhkan penyakit. Dari hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda:

"Sebaik-baiknya air yang ada di muka bumi adalah zam-zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengeyangkan dan penawar penyakit."

Air zam-zam memang dikenal memiliki kandungan berbagai zat dan mineral yang dibutuhkan manusia. Kekuatan air zamzam sebagai penyembuh dibuktikan melalui penelitian.

Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama Jepang, bahwa air memberikan reaksi positif bila diucapkan kata-kata kebaikan, di mana molekul air akan membentuk kristal yang indah.

Dan air zamzam menunjukkan bentuk kristal paling indah, ketika diucapkan kata-kata kebaikan. Itulah alasan bahwa air zamzam bisa merekam doa kesembuhan bagi yang mengucapkannya. (Dan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini