Sukses

Menu Khas Timur Tengah dan India Kuliner Sedap Saat Ramadan

Kuliner khas Timur Tengah diantaranya kebab dan roti maryam sedangkan dari India adalah nasi minyak india.

Liputan6.com, Jember - Ramai dan suara musik, itulah suasana yang ada pada sebuah warung di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (4/7/2015), warung itu menyediakan aneka menu khas yang berasal dari Timur Tengah. Selepas salat tarawih hingga saat sahur, tempat ini akan semakin ramai didatangi oleh para pembeli.

Berbagai menu khas negeri Padang Pasir seperti kebab, nasi kebuli, gulai kambing, hingga roti maryam madu tersedia di warung ini dengan harga terjangkau.

Kebab misalnya, kuliner berbahan dasar roti gandum dan daging kambing ini dibanderol dengan harga Rp 15.000 per porsi. Kebab biasanya disajikan hangat dengan campuran mayonaise, selada, dan saus tomat.

Lain lagi dengan roti maryam madu yang dijual Rp10.000. Roti maryam ini dibuat dari tepung gandum dengan campuran madu sehingga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

"Cocok, karena waktu sahur disarankan untuk makan makanan yang manis, seperti madu campurannya. Dan madu ini vitaminnya tinggi serta jangka waktu untuk lapar lagi lama," ucap salah seorang pengunjung warung.

"Bahannya semua khusus didatangkan dari Timur Tengah. Jadi kita bikin khusus memang disajikan dengan khasnya, rempah-rempahnya, baunya, semua sedap aroma Timur Tengah semua," ucap pengelola warung Umar Ali.

Sementara di Palembang, Sumatera Selatan selama bulan puasa ada makanan enak yang disebut nasi minyak india. Jenis makanan ini bisa ditemui di sebuah rumah makan yang berdiri sejak puluhan tahun lalu di Sekip Ujung, Kota Palembang.

Nasi minyak india dimasak menggunakan kuali besar yang dibakar dengan kayu. Diramu khusus oleh ahli masak berpengalaman keturunan India menjadi keunggulan tersendiri masakan ini.

"Beli nasi minyak untuk buka puasa. Setiap bulan puasa pasti beli nasi minyak. Rasanya enak," ucap salah seorang pembeli.

Tak hanya untuk menu berbuka puasa, nasi minyak india juga cocok untuk disajikan pada saat santap sahur. Kini penggemar nasi minyak india tak hanya warga Palembang saja, namun juga dari luar Kota Palembang. Mereka umumnya membeli dengan cara dibungkus. Harga setiap porsi nasi minyak india adalah Rp 20.000. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.