Sukses

Karamah: Manfaat Wudu bagi Kesehatan

Secara syariat, wudu berarti bersuci menggunakan air pada bagian badan tertentu yang diniatkan untuk menghilangkan hadas kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Wudu biasa dilakukan umat muslim untuk bersuci sebelum menjalankan salat atau ibadah lain. Namun tahukah Anda, ternyata setiap gerakan wudu bermanfaat bagi kesehatan.

Kegiatan ini adalah bagian dari thaharah atau bersuci. Secara syariat, wudu berarti bersuci menggunakan air pada bagian badan tertentu yang diniatkan untuk menghilangkan hadas kecil.

Wudu merupakan salah satu syarat sahnya salat. Karena orang yang menjalankan salat diharuskan suci dari hadas besar dan kecil.

Ketentuan tentang wudu disebutkan dalam Alquran surat Al Maidah ayat 6: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan mata kaki." (QS. Al Maidah: 6)

Ternyata dari setiap gerakan wudu yang teratur tersimpan manfaat bagi kesehatan. Menurut sejumlah penelitian, wudu bisa mencegah resiko sejumlah penyakit seperti kanker, flu, pilek, sakit gigi, sakit kepala, dan sebagainya. Berikut ini manfaat dari beberapa rukun dan sunah wudu.

Berkumur, bila dilakukan secara benar bisa mencegah infeksi gigi dan mulut. Gerakan otot wajah saat berkumur menjadikan jiwa seseorang lebih tenang.

Membersihkan rongga hidung berarti membersihkan selaput dan lendir yang tercemar udara kotor serta kuman.

Membasuh muka dan kedua telapak tangan sampai siku berfungsi menghilangkan debu dan mikroba. Termasuk membersihkan dari lemak yang dipartisi oleh kelenjar kulit.

Membasuh kaki berguna mencegah infeksi cacing. Telapak kaki juga merupakan cerminan perangkat tubuh sehingga membasuh dan memijat kaki memberikan efek rasa nyaman.

Sudahkah Anda membiasakan berwudu? Simak ulasan lengkapnya dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (5/7/2015) di bawah ini. (Nda/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini