Sukses

Kebakaran Lahan di Ogan Ilir, Jalinsum Tertutup Kabut Asap

Kabut asap juga melanda Kota Jambi, yang mengakibatkan jadwal penerbangan di Bandara Sultan Thaha terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Asap membumbung tinggi berasal dari kebakaran 12 hektare lahan gambut di Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Banyaknya daun ilalang serta ranting yang kering membuat api kian membesar dan menjalar ke lokasi sekitar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (6/7/2015), petugas pemadam kebakaran mengalami kesulitan untuk memadamkan api. Asap kebakaran juga menggangu Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Jalur Palembang-Prabumulih pun diselimuti kabut asap.

Kendaraan yang melitas harus berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan, karena jarak pandang yang terhalang asap. Diduga api berasal dari pembakaran untuk membuka lahan.

"Akan kita tindak lanjuti ini pembakaran lahan," kata Kepala BPBD Ogan Ilir, Sakroni.

Sementara itu Kamis pekan lalu Kota Jambi juga diselimuti kabut asap. Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisik (BMKG) Jambi menyebutkan jarak pandang di Bandara Sultan Thaha Jambi hanya sekitar 300 meter, sehingga berbahaya untuk pendaratan pesawat. Akibatnya sejumlah penerbangan terganggu.

BMKG Jambi juga menyebutkan kabut asap berasal dari kabut uap air atau kabut radiasi, sebagai fenomena alam akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan panas di siang hari dan dingin di malam hari. (Dan/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini