Sukses

Tarif Tol Diskon Jelang Lebaran

Tarif Tol Sidoarjo dan Tol Cipali diskon hingga 25 persen.

Liputan6.com, Palimanan - Kendati jalan masih berdebu, ruas Tol Pejagan, Pemalang, Jawa Tengah tahap pertama dari Pejagan hingga Brebes Timur saat ini sudah siap dipergunakan untuk para pemudik Lebaran.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/7/2015), pembangunan 4 jembatan besar yang melintasi sungai dan rel kereta api serta 4 jembatan layang pun sudah selesai dibangun. Pihak pengelola tol menjamin kondisi jalan sudah bisa dilalui pada H-10 Lebaran.

Di Ciamis, Jawa Barat, jalan utama menuju Pantai Pangandaran kondisinya rusak parah. Banyak lubang di tengah jalan dan bergelombang. Padahal selain jalur wisata, ruas jalan ini merupakan jalan alternatif menuju Cilacap, Jawa Tengah. Dinas Bina Marga Jawa Barat terus mengebut perbaikan jalan dengan menambal lubang dan memperlebar bahu jalan. Ditargetkan perbaikan akan selesai pada H-7 Lebaran.

Sementara itu, untuk memberlakukan potongan tarif tol, PT Jasa Marga bekerja sama dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada sebagai operator. Instruksi Presiden Joko Widodo itu mulai berlaku pada dini hari tadi. Salah satu yang langsung memberlakukan tarif itu adalah pintu Exit Tol Sidoarjo, Jawa Timur.

Menjelang pemberlakukan tarif tersebut, petugas PT Jasa Marga terlihat melakukan persiapan. Banyak para pengguna jalan tol yang tak mengetahui ketentuan itu. Menurut mereka, ada hal yang lebih penting daripada tarif yang turun.

Hal serupa juga diberlakukan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Tarif Tol Cipali diskon hingga 25 persen. Ruas tol yang diyakini akan jadi primadona baru dalam musim mudik Lebaran kali ini memang telah mulai ramai.

Lonjakan pemudik yang tinggi diperkirakan akan terjadi sepekan sebelum Lebaran. Untuk mengantisipasinya, PT Lintas Marga Sedaya sebagai pengelola tol ini telah menyiapkan 5 gardu tambahan dengan 21 gardu yang beroperasi, diharapkan bisa menekan kemacetan saat arus mudik berada di puncaknya nanti.

Diskon itu akan membuat ruas tol ini semakin menarik untuk menjamin keamanan pengendara. Sejumlah polisi ditempatkan di sepanjang ruas tol. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.