Sukses

Karamah: Kudapan Unik 44 Daun Bidara nan Berkhasiat

Daun bidara memilik manfaat, antara lain untuk mengatasi gangguan perut, menetralisir gula darah, dan menjaga kebugaran.

Liputan6.com, Aceh - Berbuka puasa atau bersahur di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh ibarat membuka sebuah kotak pandora kuliner. Ada begitu banyak jenis makanan tersaji di meja makan yang di antaranya tak bakal dijumpai di luar bulan Ramadan.

Salah satunya adalah sambay unkaye atau sambal daun kayu. Sambay unkaye memang kudapan unik terdiri dari sekumpulan daun yang berjumlah 44 lembar. Makanan ini bisa disajikan saat berbuka atau sahur.

Kumpulan daun yang digunakan bukan sembarang daun. Itu sebabnya hal paling repot membuat makanan ini adalah saat mengumpulkan beragam jenis daun yang harus berjumlah 44. Kurang 1 daun akan dianggap kurang afdhol.

Terlebih lagi tak semua daun ada di pasar. Tetapi warga di sini yang memang terbiasa membuatnya saat Ramadan. Mudah saja menemukannya daun itu karena mereka kerap menanam di kebun.

Dari 44 daun, ada 1 jenis daun yang disebut dalam Alquran dan Hadist yang memiliki khasiat untuk kesehatan, yakni daun bidara. Aneka jenis daun yang diracik ini memang memiliki khasiat tersendiri. Antara lain untuk mengatasi gangguan perut, menetralisir gula darah, dan menjaga kebugaran.

Yang menarik, selain untuk kesehatan masyarakat, masyarakat Aceh meyakini ke-44 jenis daun akan menjadi saksi di akhirat kelak untuk siapa pun yang menyantapnya.

Cerita turun-temurun dari leluhur inilah yang membuat tradisi sambay unkaye tetap bertahan. Para orangtua menurunkan keterampilan membuat sambay unkaye kepada anak cucu mereka sejak dahulu sampai saat ini.

Anda penasaran dengan sambay unkaye dan beragam manfaat dari daun bidara? Simak ulasan lengkapnya dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (7/7/2015) di bawah ini. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.