Sukses

Sidak Angkutan Mudik Lebaran di Terminal-Terminal

Polisi dan Dinas Perhubungan melakukan sidak antara lain di Terminal Cibinong, terminal di Solo, dan Terminal Temanggung.

Liputan6.com, Bogor - Menjelang ramainya arus mudik Lebaran, polisi dan aparat Dinas Perhubungan (Dishub) memeriksa kelayakan armada angkutan Lebaran. Dalam pemeriksaan yang dilakukan di Terminal Cibinong, Bogor, Jawa Barat, petugas gabungan menemukan sejumlah bus tidak layak jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (8/7/2015), penyebabnya beragam antara lain ban sobek, lampu tidak menyala, dan dokumen kendaraan yang sudah kedaluwarsa.

Petugas juga mengecek kesehatan para awak bus dengan memeriksa darah dan urine mereka. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan awak bus tidak menggunakan narkoba.

Di Solo, Jawa Tengah, saat menggelar sidak di beberapa pool bus, petugas mendapati sejumlah bus yang tidak layak jalan karena beberapa kelengkapan kendaraan dalam kondisi tidak sempurna.

Ada juga bus yang tidak memiliki alat pemadam api ringan. Beberapa bus juga tidak dilengkapi dengan dokumen atau surat-surat yang masih berlaku. Dalam pemeriksaan ini, petugas secara rinci mengecek kondisi rem ban, lampu-lampu, dan kelengkapan alat keselamatan seperti kotak P3K, pemecah kaca, dan alat pemadam kebakaran. Bus yang layak jalan langsung diberikan stiker layak digunakan sebagai armada Lebaran.

Sementara itu di Temanggung, Jawa Tengah, sebuah bus dianggap tidak layak jalan karena baut rodanya tidak lengkap. Hal itu terungkap dalam pemeriksaan bus angkutan Lebaran di Terminal Temanggung. Demi keamanan, penumpang bus itu diminta turun dan dipindahkan ke bus lain.

Menurut petugas Dishub, dari ratusan kendaraan angkutan Lebaran yang diperiksa di Terminal Temanggung ini hampir 30 persen di antaranya tidak layak beroperasi. (Vra/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.