Sukses

Interval Letusan Gunung Raung Kian Rapat

Meski aktivitas vulkanis Raung terus meningkat dan kini berstatus Siaga, aktivitas warga sekitar gunung masih berjalan normal.

Liputan6.com, Bondowoso - Gunung Raung menyemburkan lava pijarnya saat dilihat dari Dusun Sipanas, Sumberweringin, Bondowoso, 5 kilometer dari puncak Raung. Hingga Minggu 12 Juli pagi, gunung yang berada di perbatasan Jember, Banyuwangi dan Bondowoso ini terus-menerus meletus atau erupsi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/7/2015), mulut kawah terus menyemburkan debu bercampur pasir dengan interval waktu yang lebih rapat, kurang dari 5 menit. Durasi tiap semburan cenderung lebih lama.

Meningkatnya aktivitas vulkanis Raung juga ditunjukkan dengan erupsi dan lelehan lahar di kawah. Video berdurasi 1 menit yang diambil seorang Vulkanolog Aris Yulianto pada 7 Juli lalu, merekam kondisi di dalam kawah raung.

Meski aktivitas vulkanis Gunung Raung terus meningkat dan kini berstatus Siaga, aktivitas warga sekitar gunung masih berjalan normal. Namun untuk menghindari gangguan pernafasan, sebagian warga mulai mengenakan masker. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.