Sukses

Pemudik Menumpuk di Pelabuhan Merak dan Gilimanuk

Penumpukan penumpang yang akan mudik Lebaran mulai terlihat di Pelabuhan Merak, Banten dan Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Liputan6.com, Banten - Pagi tadi, terlihat penumpukan pemudik yang merata di 5 kantong parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Jawa Barat. Sebagian dari mereka telah menunggu antrean hingga 5 jam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/7/2015), walau telah menunggu sampai 5 jam, para pemudik Lebaran ini mengakui pelayanan pelabuhan lebih baik karena mereka bisa berteduh di tenda antrean saat hujan mengguyur Sabtu 11 Juli 2015 malam kemarin hingga dinihari tadi.

Lamanya antrean ini juga karena cuaca yang kurang baik. Sejumlah kapal kesulitan sandar akibat gelombang tinggi dan angin kencang. Hal itu membuat jadwal pelayaran sempat tertunda.

Jumlah penumpang antara Sabtu kemarin hingga pagi ini diperkirakan mencapai 60 ribu orang dengan 15 ribu kendaraan berbagai jenis. Saat ini, ASDP Merak menyiagakan 28 Kapal Roro untuk melayani pemudik.Sementara itu, lonjakan serupa juga terlihat di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

Hingga Sabtu malam kemarin, pelabuhan ini mencatat ada hampir 9.000 sepeda motor dan lebih dari 5.000 mobil yang menyeberang melalui pelabuhan ini dengan membawa 45 ribu penumpang.

ASDP Gilimanuk mengoperasikan 7 dermaga dengan 37 kapal. ASDP juga mengalihkan truk dan bus yang sebelumnya menggunakan kapal ponton kini menggunakan Dermaga LCT. Hal ini dimaksudkan sebagai antisipasi antrean panjang saat puncak arus mudik yang diperkirakan 3 hari sebelum Lebaran. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.