Sukses

Karamah: Manfaat Sembelih Hewan Secara Syar`i

Selain harus halal dan berkualitas baik juga harus melewati proses penyembelihan yang sesuai syari'at Islam.

Liputan6.com, Bogor - Islam banyak mengatur berbagai aspek kehidupan, termasuk mengatur adab mengonsumsi daging-daging yang dimakan. Selain harus halal dan berkualitas baik juga harus melewati proses penyembelihan yang sesuai syari'at Islam.

Penyembelihan hewan bisa dilakukan secara tradisional maupun secara mekanik, asalkan memenuhi rukun dan syarat penyembelihan. Tata cara penyembelihan tak hanya mengatur syarat penyembelih, tetapi juga hewan yang disembelih serta proses penyembelihan.

Orang yang menyembelih hewan harus berakal sehat, beragama Islam atau ahli kitab, serta meniatkan dan menyebut nama Allah. Hewan yang disembelih haruslah halal dan saat akan dipotong masih dalam keadaan hidup. Sedangkan alat yang dipergunakan harus tajam supaya hewan tidak tersiksa.

Dan ternyata dari segi medis, menyembelih hewan secara syar'i membuat kualitas daging menjadi lebih baik dan sehat. Hal itu dikarenakan darah akan keluar dari tubuh hewan secara sempurna.

Darah adalah sumber kontaminasi sehingga apabila darah tidak keluar dengan sempurna maka daging akan mudah terkontaminasi. Selain itu, adab menyembelih dalam Islam yang harus memperlakukan hewan secara baik mengurangi stres hewan. Stres hewan bisa membuat daging mengandung asam laktat yang membuat PH jadi rendah.

"Daging yang disembelih secara syar'i, tentu akan menampakkan penampilan yang lebih bagus, jadi warnanya juga merah cerah.  Sehingga dari sisi kualitas baik dari kesehatan, nilai gizi, dan yang lainnya juga akan menjadi lebih baik," ucap Pakar Ternak Instititut Pertanian Bogor (IPB) Dr Ir Henny Nuraini.

Simak ulasan lengkap manfaat menyembelih hewan secara syar'i dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (12/7/2015) di bawah ini. (Vra/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.