Sukses

5 Tips Mudik Aman dengan Sepeda Motor

Inilah tips untuk Anda jika berniat pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Lumajang - Banyak warga yang memanfaatkan sepeda motor untuk pulang kampung atau mudik. Bagaimana persiapan dan perilaku di jalan agar mudik menggunakan motor aman dan nyaman agar selamat sampai tujuan?

Sepeti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (13/7/2015), inilah tips untuk Anda jika berniat pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.

Pertama, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, bawalah secukupnya saja.

Inilah Abdul Haris, warga Desa Karangrejo, Lumajang, Jawa Timur yang hendak mudik. Tujuannya, Blitar, Jawa Timur. Agar tidak merepotkan. Selama di perjalanan tidak banyak barang yang ia bawa.

Kemudian tips yang kedua, untuk menghindari terjadinya pencurian, kunci pintu dan semua jendela rumah Anda. Termasuk juga mencabut aliran listrik dan selang tabung gas. Pastikan rumah anda aman, termasuk dari kemungkinan kebakaran.

Begitu pula yang dilakukan Abdul. Dan sebelum berangkat, ia tak lupa menitipkan rumah dan memberikan nomor telepon kepada tetangga terdekat.

Ketiga, pakailah pakaian standar untuk pengendara motor. Abdul pun siap menempuh perjalanan 250 km menuju kampung halaman.

Keempat, Guna menghindari kecelakaan, selama di perjalanan patuhilah rambu lalu lintas termasuk menjaga jarak aman. Inilah yang wajib dipatuhi Abdul dan pemudik bermotor lainnya selama berkendara.

Kemudian yang kelima, apabila Anda mulai lelah, jangan memaksakan diri. Beristirahat sejenak akan mengembalikan stamina.

Nah yang keenam, sebelum mudik menggunakan motor, alangkah baiknya motor anda dibawa ke bengkel. Cek semua kondisi motor anda.

Walaupun tidak dianjurkan, mudik menggunakan sepeda motor tetap dipilih sebagian pemudik. Tahun lalu saja, 8 ribu lebih pemudik atau 4.400 lebih unit motor digunakan pemudik untuk pulang kampung.

Angka kecelakaannya pun cukup tinggi, mencapai 2.900 lebih kasus.

Kondisi motor yang baik, badan yang sehat, serta mematuhi rambu lalu lintas membantu Anda selamat hingga tiba di kampung halaman. (Nda/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini