Sukses

Tak Diberi THR, Ratusan Buruh Blokir Jalur Pantura

Ratusan pekerja pabrik rokok PT Gentong Gotri memblokade Jalur Pantura Kudus, Jawa Tengah setelah upaya mendapatkan THR tak digubris.

Liputan6.com, Kudus - Ratusan pekerja pabrik rokok PT Gentong Gotri akhirnya memblokade jalur Pantura Kudus, Jawa Tengah setelah upaya mereka mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) tidak digubris pihak manajemen.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (15/7/2015), akibatnya jalur Pantura Kudus yang dipadati kendaraan yang hendak mudik pun sempat macet. Upaya polisi membujuk pendemo yang didominasi buruh perempuan agar membuka blokade berlangsung alot.

Hal itu disebabkan polisi juga tidak bisa menjamin PT Gentong Gotri bersedia membayar THR. Setelah bernegosiasi, buruh pun mengalah sehingga arus lalu lintas kembali mencair.

Aksi protes juga dilakukan buruh PT Three Stare Garment di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik garmen untuk produk ekspor ini bukan hanya belum membayar THR, tetapi juga gaji karyawan selama 2 bulan terakhir.

Sayangnya aksi mereka tidak mendapat tanggapan pihak manajemen, sehingga mereka hanya bisa marah-marah di dalam pabrik. Para pendemo mengancam akan mendirikan tenda di dalam pabrik jika pihak perusahaan belum mebayar gaji dan THR yang merupakan hak pekerja. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini