Sukses

H-2 Lebaran, Tol Cipali Hingga Jalur Selatan Macet Parah

Sebagian besar pemudik berusaha menghindari kemacetan yang terjadi di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan melewati ruas jalur pantura.

Liputan6.com, Cirebon - Antrean panjang kendaraan pemudik lebaran terjadi di ruas perempatan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat yang menjadi titik temu arus kendaraan dari arah tengah dan jalur Pantura.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (15/7/2015), mobil dan sepeda motor terjebak kemacetan sehingga berjalan merayap. Kemacetan pun diperparah karena banyaknya kendaraan yang berputar arah, serta ada juga kendaraan parkir di badan jalan yang membuat jalan menyempit.

Sebagian besar pemudik berusaha menghindari macet yang terjadi di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dengan melewati ruas jalur pantura.

Di jalur selatan tepatnya di Ciamis, Jawa Barat juga terjadi kemacetan di Pertigaan Sindangkasih. Pertigaan ini memang selalu macet jika memasuki masa mudik lebaran, karena merupakan pertemuan arus mudik dari arah Gentong dan Garut, Jawa Barat.

Jalan yang seharusnya bisa dibagi 3 jalur terpaksa dijadikan 1 jalur, sehingga membuat antrean kendaraan memanjang. Kondisi seperti ini diperkirakan akan semakin parah menjelang puncak arus mudik. Peningkatan arus mudik yang menggunakan jalur selatan meningkat sejak H-3 lebaran.

Sementara, arus kendaraan yang melintasi jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah sejak petang tadi juga mengalami peningkatan. Kepadatan terjadi di jalan Pantura Kaligangsa, Tegal, karena adanya pertemuan jalur dari arah Brebes, Jawa Tengah.

Di sejumlah titik, terjadi antrean kendaraan akibat banyaknya kendaraan yang keluar masuk di SPBU Kaligangsa dan SPBU Dampyak. (Vra/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini