Sukses

Sambut Idul Fitri, Warga Ibukota Gelar Takbir dan Tabuh Bedug

Setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat besok, gema takbir pun berkumandang di Masjid Istiqlal.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pemerintah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat 17 Juli 2015, gema takbir berkumandang di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis malam menjelang pelaksanaan salat Isya.

Setelah acara takbiran, seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (16/7/2015), dilanjutkan dengan pemukulan
bedug bersama oleh sejumlah pengurus masjid dan pejabat dari Kementerian Agama.    

Gema takbir disertai tabuh bedug juga dilakukan warga di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, pada Kamis malam. Selain mendirikan panggung di sepanjang Jalan KS Tubun, warga pun masih tetap berkonvoi dengan kendaraan. Bahkan, warga naik ke atas atap kendaraan yang tentu dapat membahayakan keselamatan mereka.

Sementara, warga Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Selatan, baik anak-anak maupun orang dewasa menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan menggelar parade tabuh bedug. Sejumlah bedug yang ditabuh pun ikut dihias mirip oplet, yaitu angkutan umum tempo dulu lengkap dengan hiasan kembang kelapa khas budaya Betawi.

Pesta tabuh bedug ini juga dinikmati para pengguna jalan yang memperlambat laju kendaraanya, sehingga arus lalu lintas di kawasan Menteng, Jakarta Pusat sempat tersendat. (Mar/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini