Sukses

4 Juta Warga Suriah Rayakan Lebaran di Pengungsian

Sementara itu, pengungsi Suriah merayakan Lebaran di pengungsian zaatari dalam suasana yang sangat menyedihkan.

Liputan6.com, Australia - Warga muslim yang bermukim di Sydney, Australia bergabung dengan jutaan umat muslim dunia merayakan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1436 Hijriah dengan menggelar Salat Id di Masjid Lakemba.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (17/7/2015), sekitar 30 ribu umat muslim memenuhi masjid hingga di pelataran dan jalan-jalan di tengah cuaca dingin yang mendera.

Sementara, pengungsi Suriah merayakan Lebaran di pengungsian Zaatari dalam suasana yang sangat menyedihkan. Lebih dari 50% atau sekitar 4 juta warga Suriah kini dalam pengungsian yang merupakan terbesar saat ini.

Di Baghdad, Irak, polisi memeriksa jemaah yang datang ke masjid-masjid untuk salat Idulfitri. Peningkatan pengamanan dilakukan seiring aksi kekerasan yang meningkat selama Ramadan. Warga muslim Irak merayakan Idulfitri selama 3 hari, yaitu 1 dan 2 Syawal, serta 10 Syawal.

Hari Raya Idulfitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam di seluruh dunia. Di Mesir, saat suara takbir berkumandang, itulah tandanya hari kemenangan dan waktunya berkumpul bersama keluarga dan bertukar hadiah. (Mar/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini