Sukses

Sejumlah Napi Terima Remisi hingga Bebas Usai Salat Id

Momen Hari Raya Idulfitri kemarin menjadi hari yang membahagiakan bagi sejumlah napi karena mendapatkan potongan masa hukuman atau remisi.

Liputan6.com, Bogor - Momen Hari Raya Idulfitri kemarin menjadi hari yang membahagiakan bagi sejumlah napi, karena mereka mendapatkan potongan masa hukuman atau remisi. Sejumlah tahanan itu bahkan langsung bebas dan dapat berkumpul bersama keluarganya.

Kondisi itu terjadi pada para napi penghuni lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (18/7/2015), usai menyambut hari kemenangan dengan Salat Id dan saling bermaafan, 90 % dari sekitar 500 napi penghuni lapas tersebut mendapat remisi atau potongan masa tahanan.

Sedangkan bagi 4 napi, kegembiraan itu bertambah karena pada remisi kali ini mereka langsung bebas.

"Dari 473 warga binaan yang memperoleh remisi, itu yang memperoleh remisi RK 2 sebanyak 4 orang. RK 2 artinya bisa bebas langsung hari ini," kata Kalapas Gunung Sindur Edi Sigit.

Sejumlah napi di lapas Bulak Kapal Bekasi juga mendapat remisi bebas. Mereka berjumlah 15 orang dari 770 napi yang menghuni lapas. Pemberian remisi dilakukan setelah para napi melaksanakan Salat Id bersama di dalam lingkungan lapas.

Kebahagiaan juga dirasakan para napi di Lapas Gunung Sari, Makassar, Sulawesi Selatan. Setelah menuntaskan ibadah puasa sebulan penuh, kemarin mereka mengikuti Salat Idulfitri bersama.

Bagi napi yang dinilai berkelakuan baik, hari kemenangan kali ini juga mendatangkan kebahagiaan tambahan karena mendapat potongan masa hukuman bervariasi dari 2 minggu hingga 2 bulan. Napi yang menerima remisi di Lapas Gunung Sari berjumlah 513 orang dari hampir 800 napi. (Mar/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini