Sukses

Umat Muslim di Cipinang Muara dan Sragen Baru Berlebaran Hari Ini

Ratusan jemaah Masjid Al Marzuqiyah, Cipinang Muara, Jakarta timur pagi tadi baru melaksanakan salat Idulfitri.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pemerintah telah menetapkan Idulfitri jatuh pada Jumat 17 Juli kemarin, namun ada umat muslim di Cipinang Muara yang baru melaksanakan salat Id hari ini. Hal yang sama juga dilakukan umat muslim di Sragen, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (18/7/2015), saat sebagian besar umat muslim sudah merayakan Idulfitri kemarin, ratusan jemaah Masjid Al Marzuqiyah, Cipinang Muara, Jakarta Timur pagi tadi baru melaksanakan salat Idulfitri.

Keputusan merayakan Idulfitri hari ini karena berdasarkan hasil pemantauan ulama ahli ilmu falak setempat, bulan baru atau hilal baru terlihat setinggi 2,7 derajat.

Sementara keyakinan ulama setempat, ketinggian hilal minimal 7 derajat. Karena itu jemaah Masjid Al Marzuqiyah memutuskan untuk menggenapkan puasa hingga 30 hari.

Sementara di Sragen, Jawa Tengah, puluhan umat muslim dari Yayasan Indonesia Cerdas Maitreya juga baru melaksanakan salat Idulfitri hari ini.

Untuk menentukan Idul fitri, mereka menggabungkan metode hisab atau perhitungan astronomi dan ru'yat atau melihat hilal.

Usai salat Id, umat muslim dari Yayasan Indonesia Cerdas Maitreya kemudian saling bermaaf-maafan satu sama lain. (Nda/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini