Sukses

H+3 Lebaran, Arus Balik Jalur Selatan dan Pantura Mulai Padat

Kendaraan arus balik sudah terlihat Senin malam, saat memasuki Tol Plumbon yang menuju arah Jakarta.

Liputan6.com, Cirebon - Lebaran baru memasuki hari keempat, namun para pemudik sudah banyak yang kembali ke lokasi perantauan. Kendaraan arus balik sudah terlihat Senin 20 Juli malam, saat memasuki Tol Plumbon yang menuju arah Jakarta. Antrean kendaraan terutama mobil pribadi sudah mengular hingga 5 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Senin (20/7/2015), ribuan kendaraan yang hendak lewat tidak bisa terlayani dengan cepat, meski petugas sudah membuka 10 gerbang. Bahkan petugas yang sengaja mendatangi pengendara dengan membawa tiket tol pun tetap tak banyak membantu. Kendaraan pun berjalan merayap.

Kondisi yang sama juga terjadi di Jalan Arteri atau non tol. Bus, kendaraan pribadi dan sepeda motor mengalir tanpa putus melewati ruas jalur utama Pantura Cirebon.

Diperkirakan arus kendaraan pemudik yang lewat jalur Pantura, baik Jalan Arteri maupun jalan tol akan terus meningkat mengingat hari libur para pegawai negeri maupun swasta akan berakhir Rabu depan.

Kemacetan juga terjadi di jalur selatan, yakni tanjakan Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepadatan kendaraan dari arah Jawa Timur menuju Bandung dan Jakarta sudah terasa sejak siang hari. Menjelang petang hingga malam volume kendaraan pemudik yang hendak balik makin meningkat.

Selain volume kendaraan, kemacetan juga dipicu penyempitan jalan, serta beberapa kendaraan mogok saat berada di tanjakan. Bahkan di beberapa titik, banyak kendaraan yang sengaja berhenti karena kelelahan. Akibatnya jalan pun semakin sempit dan kemacetan semakin panjang. Hingga pukul 21 malam, kemacetan di tanjakan Gentong sudah mencapai belasan kilometer.

Berbeda dengan pelabuhan Merak, Banten. Para pemudik dari Sumatera yang hendak kembali ke Pulau Jawa belum terlihat terlalu padat. Mereka baru saja menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni, baik dengan kendaraan bermotor, bus maupun kendaraan umum. Kepadatan arus balik diperkirakan terjadi Rabu, seiring dengan berakhirnya libur Lebaran bagi para pegawai. (Dan/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini