Sukses

Kendaraan Arus Balik Mudik Mengalir Tak Henti di Tol Cipularang

Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Liputan6.com, Purwakarta - Bagi Anda yang hendak balik ke Jakarta setelah libur Lebaran dan mudik ke kampung halaman, harus cermat memilih jalur yang hendak dilewati. Karena tingginya volume kendaraan, hampir sebagian besar jalan baik tol maupun arteri dipadati kendaraan.

Bahkan polisi mengalihkan sebagian kendaraan melalui jalur arteri ketika jalan tol sudah tidak mampu menampung arus kendaraan yang mengalir ke Ibukota.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Selasa (21/7/2015), beginilah kondisi arus lalu lintas di Tol Cipularang, Purwakarta sejak Selasa siang hingga petang hari. Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Kemacetan bahkan sudah terasa sejak Km 82 karena terjadi pertemuan arus kendaraan dari Tol Cikampek yang juga menampung kendaraan yang keluar Tol Cikopo-Palimanan.

Memasuki Tol Cikampek menuju arah barat terutama Jakarta, kepadatan kendaraan pun tak terelakkan. Pengemudi pun terpaksa pun berjalan merayap karena tingginya volume kendaraan yang lewat.

Mengantisipasi agar kemacetan di jalur tol tidak terlalu parah, polisi pun mengalihkan kendaraan dari arah timur, baik kendaraan pribadi maupun bus ke jalur non-tol melewati Karawang. Akibatnya jalur arteri pun dipadati kendaraan. Apalagi kendaraan arus balik di jalur arteri ini tidak hanya mobil tapi juga sepeda motor.

Nasib pemudik yang melewati jalur Puncak untuk menghindari jalur Tol Cipularang maupun Tol Cikampek juga tak kalah repot. Maksud hati bisa tiba lebih cepat ke Jakarta atau bisa istirahat sejenak di jalur wisata Puncak, malah terjebak macet sejak dari Cianjur.

Kendaraan sudah sulit bergerak menuju Puncak karena kemacetan di jalur ini sudah terjadi sejak hari pertama Lebaran. Ada banyak lokasi wisata yang sudah dipadati kendaraan di antaranya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Taman Safari serta kawasan lain yang dipadati wisatawan yang menghabiskan sisa liburannya. (Nda/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.