Sukses

Arus Balik dari Banyumas ke Jakarta Mengular 20 Kilometer

Di jalur antara Wangon dan Ajibarang, kemacetan parah terjadi akibat arus kendaraan dari arah Purwokerto dan kendaraan balik dari Cilacap.

Liputan6.com, Banyumas - Arus balik yang melintas kawasan Banyumas, Jawa Tengah, Kamis pagi mengular hingga 20 kilometer lebih.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (23/7/2015), di jalur antara Wangon dan Ajibarang, kemacetan parah terjadi akibat arus kendaraan dari arah Purwokerto dan kendaraan balik dari arah Cilacap dan Wangon yang hendak menuju Jakarta.

Di pertigaan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan depan Pasar Ajibarang, kemacetan parah terjadi sejak Kamis dini hari. Kondisi ini diperparah karena arus kendaraan pemudik menuju Banyumas masih terjadi kemacetan terjadi hingga siang ini.

Sementara di Tegal, kepadatan arus balik terjadi  mulai di jalan Pantura Tegal Kota seperti Jalan Yos Sudarso depan Pelabuhan Kota Tegal, Jalan Gajah Mada hingga Jalan Letnan Jendrak Sutoyo. Bahkan arus  kendaraan nyaris tak bergerak saat kendaraan akan menuju Jalan Raya Margadana dan Kaligangsa yang akan memasuki Kota Brebes.

Meski polisi telah menerapkan contraflow pola 3:1, yakni 3 lajur bagi kendaraan dari arah timur dan 1 lajur kendaraan dari arah Jakarta, namun kepadatan arus kendaraan tak dapat terurai. Selain kepadatan kendaraan arus balik, kendaraan pemudik dari arah barat masih ramai menuju Jawa Tengah. (Mar/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.