Sukses

Sepekan Lebaran, Arus Balik di Jalur Pantura Masih Padat

Meski semua gerbang Tol Cipali diprioritaskan untuk arus balik, kendaraan masih berjalan merayap.

Liputan6.com, Cirebon - Sepekan setelah Lebaran, antrean kendaraan di pintu gerbang Tol Plumbon-Cirebon pada Kamis malam masih terlihat panjang. Sebagian besar kendaraan yang datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur ini didominasi mobil pribadi yang hendak kembali ke Jakarta dan sekitarnya melalui Tol Cipali.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (23/7/2015), meski semua gerbang diprioritaskan untuk arus balik, kendaraan masih berjalan merayap.

Meski demikian volume kendaraan yang lewat tidak sepadat sehari sebelumnya yang diperkirakan sebagai puncak arus balik Lebaran.

Kepadatan arus lalu lintas juga terasa di jalur Arteri. Kendaraan tidak hanya didominasi kendaraan pribadi dan sepeda motor, tapi juga truk yang sudah boleh lewat.

Iring-iringan kendaraan ini terus mengalir di ruas Pantura Palimanan dan perempatan Kanggraksan. Di dua titik ini kendaraan yang lewat terlihat ramai dan padat, namun arus lalu lintas masih lancar.

Tingginya volume kendaraan pemudik sudah terasa sejak siang hari. Kendaraan yang antre di pintu gerbang Tol Plumbon untuk masuk ke Tol Cipali sudah mencapai 5 kilometer.

Ini terjadi karena kendaraan yang masuk tidak hanya mobil pribadi dan bus. Truk dan kontainer juga sudah mulai beroperasi sejak hari Kamis.

Kemacetan juga diperparah oleh pengemudi yang saling serobot, sehingga antrean menjelang loket pembayaran menjadi semrawut.

Kemacetan tidak hanya di ruas tol, tapi juga di Jalan Arteri yang juga dipadati kendaraan roda dua.

Iring-iringan sepeda motor yang hendak balik ke Jakarta dan sekitarnya masih memadati ruas jalur utama, Pantura Cirebon. Mengantisipasi kemacetan agar tidak lebih parah, polisi melakukan pengalihan arus menuju jalur alternatif Cirebon-Indramayu. (Dan/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.