Sukses

Menhub Jonan: Pemudik Gunakan Kapal Laut Tahun Ini Turun 7%

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa kesiapan pengelola terminal penumpang di Gapura Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa kesiapan pengelola terminal penumpang di Gapura Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur yang melayani keberangkatan pemudik menggunakan kapal laut.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (24/7/2015), fasilitas dalam terminal penumpang diperiksa, jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal juga dicermati menteri.

Menteri Jonan menyatakan jumlah pemudik menggunakan kapal laut tahun ini turun 7% dibandingkan Lebaran tahun lalu. Sementara pemudik menggunakan pesawat terbang justru naik 6,5%.

Sementara itu, ribuan pemudik masih memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan untuk menyeberang dengan feri ke Pulau Jawa. Para pemudik rela antre lama di sepanjang koridor dermaga menunggu kedatangan kapal roro (roll on-roll off) yang akan mengangkut mereka ke Pelabuhan Merak, Banten.

Pengelola pelabuhan mencatat hingga hari ini baru 160 ribu orang menyeberang kembali ke Pulau Jawa atau sekitar 25% dari jumlah keberangkatan saat sebelum Lebaran yang mencapai 650 ribu orang. Puncak arus balik lewat Pelabuhan Bakauheni diperkirakan berlangsung pada Sabtu dan Minggu besok. (Mar/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini