Sukses

Gempa 5,7 SR di Ciamis Bikin Kaca Jendela Bergetar

Sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa Ciamis.

Liputan6.com, Ciamis - Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,7 skala Richter yang mengguncang wilayah Ciamis, Jawa Barat, pada pukul 04.44 WIB, pusat gempa berada di 111 kilometer Tenggara Ciamis dengan kedalaman 10 kilometer.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (25/7/2015), gempa yang getarannya terasa kuat hingga 10 hingga 15 detik ini bahkan terasa di 5 kabupaten, yaitu Tasikmalaya, Cilacap, Purbalingga, Kebumen, dan Gunung Kidul.

Sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa Ciamis.

Sementara gempa yang terjadi subuh tadi sempat membuat panik warga di daaerah Tasikmalaya. Bahkan sebagian warga sampai keluar rumah karena takut dan trauma dengan gempa yang terjadi beberapa tahun lalu. Guncangan gempa juga membuat kaca dan jendela warga bergetar.

Gempa yang hampir bertepatan dengan salat subuh tersebut juga sempat membuat seorang penjaga masjid menghentikan adzannya karena kaget dan khawatir akan ada bangunan yang roboh.

Selain di Tasikmalaya, getaran gempa Ciamis yang cukup keras juga dirasakan warga Yogyakarta. Warga sempat panik dan berhamburan ke luar rumah pagi tadi. Termasuk warga yang hendak menjalankan salat subuh di masjid setempat.

Beruntung getaran gempa hanya berlangsung singkat dan warga bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Hingga siang ini tidak dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Datangnya gempa membuat warga Yogyakarta mudah panik, karena mereka pernah mengalami musibah gempa sangat besar pada 2006 lalu. (Mar/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini