Sukses

BBM Pertalite Baru Dipasarkan di 101 SBPU di Pulau Jawa

Warga banyak yang belum mengetahui BBM jenis Pertalite dan apa perbedaannya dengan Premium.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Pemerintah meluncurkan jenis BBM baru bernama Pertalite, yang memiliki oktan 90 lebih tinggi dari Premium dan lebih rendah dari Pertamax. Sejauh ini Pertalite baru dipasarkan di 101 SPBU di sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (26/7/2015), Pertalite juga terdapat di SPBU yang ada di jalan tol. Pengelola SPBU di kota lain seperti SPBU di Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah mendapat imbauan untuk memasarkan Pertalite. Namun belum diketahui kapan Pertalite mulai dipasarkan di kota ini.
 
Sementara itu, warga banyak yang belum mengetahui BBM jenis Pertalite dan apa perbedaannya dengan Premium. Premium sendiri memiliki oktan 88, sehingga lebih boros dan menyebabkan komponen mobil lebih cepat rusak.

Rata-rata 1 liter premium cukup untuk 11 kilometer, sedangkan Pertalite bisa mencapai 12 hingga 15 kilometer. Dari sisi harga, premium memang lebih murah Rp 1.000, namun dalam jangka panjang Pertalite sebenarnya lebih ekonomis.

Pertalite diluncurkan 24 Juli 2015 oleh Pertamina, sebagai pilihan bagi pengguna kendaraan yang ingin menggunakan BBM dengan kualitas lebih baik, dengan harga lebih terjangkau dibanding menggunakan Pertamax. (Dan/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini