Sukses

Aneka Atribut Bakal Calon Kepala Daerah saat Daftar Pilkada 2015

Hari pertama pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2015 dimanfaatkan para bakal calon untuk menarik perhatian.

Liputan6.com, Solo - Hari pertama pendaftaran bakal calon kepala daerah untuk mengikuti Pilkada Serentak 2015 dimanfaatkan para bakal calon untuk menarik perhatian masyarakat. Mereka menggunakan sepeda, berpawai layaknya karnaval, hingga menggunakan becak motor menuju kantor KPUD setempat untuk mendaftarkan diri sekaligus mengumumkan pencalonan mereka ke masyarakat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (27/7/2015), pasangan Walikota Solo Petahana, FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Walikota Ahmad Purnomo hari Minggu 26 Juli menggunakan sepeda ontel dari kantor DPC PDIP Brengosan, Solo, Jawa Tengah menuju KPU Kota Solo didampingi ratusan pendukungnya yang berjalan kaki dan menggunakan andong.

Keduanya menggunakan baju lurik dan topi caping mendaftarkan diri untuk mengikuti Pilkada Serentak 2015. Setelah seluruh berkas pendaftaran diterima KPUD Kota Solo, para pendukung berebut gunungan buah-buahan di halaman KPUD tersebut.

Pendaftaran pasangan Bakal Calon Bupati Sragen, Jawa Tengah, Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Dedy Endriyatno ke KPUD Sragen, hari Minggu layaknya pesta rakyat. Iring-iringan pendukung keduanya menggunakan kostum karnaval yang berjalan sejauh 6 km di Kota Sragen sempat menarik perhatian warga.

Pendukung juga sempat membagikan nasi bungkus kepada pengguna jalan yang melintas. Keduanya dicalonkan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera. Diantar ribuan pendukung, keduanya menjadi pendaftar pertama Bakal Calon Bupati Sragen.

Kemudian di Karawang, meski telah terdaftar sebagai anggota DPR dari Partai Demokrat, Saan Mustopa bersama Iman Somantri mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Karawang ke KPUD Karawang, Jawa Barat. Berbekal dukungan dari 3 partai politik/ yakni Partai Gerindra, Nasdem, dan Golkar, Saan Mustopa rela mundur dari anggota DPR.

Sementara di Sumatera Utara, menggunakan alat transportasi ciri khas Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara yakni becak BSA atau Brimingham Small Army buatan Inggris. Seorang bakal Calon Walikota Siantar, Teddy Robinson Siahaan, berpasangan dengan Jainal Purba berkonvoi di sejumlah ruas jalan di Kota Pematangsiantar di hari pertama pendaftaran calon walikota.

Iring-iringan konvoi dengan becak Siantar ini diikuti komunitas pengguna vespa, para simpatisan dan tim suksesnya. Mereka penuh semangat mengantarkan 'jagoannya' menuju kantor KPUD Siantar untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah Desember nanti. Pasangan Calon Walikota Pematangsiantar ini diusung koalisi Partai Amanat Nasional, Hanura, Nasdem, dan Golkar. (Nda/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.